Panduan Perawatan Sepeda Motor Berbasis Android

Panduan Perawatan Sepeda Motor Berbasis Android – Kini dunia otomotif semakin berkembang dengan pesatnya. Melihat perkembangan otomotif khususnya pada sepeda motor yang semakin bertambah dengan berbagai inovasi terbaru dan minat para konsumennya semakin beragam, industri otomotif berkembang di Indonesia.


Hampir setiap orang memiliki kendaraan sepeda motor untuk membantu kegiatan sehari-hari tetapi banyak juga sebagian orang tidak memperhatikan kondisi kendaraannya sebelum bermasalah orang tidak melakukan perawatan untuk kendaraannya. Perawatan sepeda motor diperlukan untuk menjaga performa motor tetap stabil.

Pangsa pasar motor  matic  di Indonesia tiga tahun terakhir mencapai 62% melebihi pangsa pasar motor bebek dan sport. Meningkatnya pengguna jalan raya, motor matic dipilih karena lebih mudah dikendarai dengan menarik gas tanpa harus memindah gigi percepatan memudahkan pengguna menghadapi lalu lintas yang macet. Merawat sepeda motor  matic   merupakan hal yang wajib dilakukan agar membuat kendaraaan selalu dalam kondisi yang prima dan menghindari kerusakan lebih parah. Jika mesin tidak dirawat maka kondisi motor matic akan menjadi cepat rusak dan juga bisa membahayakan penggunanya. Melakukan perawatan sepeda motor matic lebih mudah dibandingkan dengan motor bebek biasa. Dengan melakukan perawatan yang baik dan benar membuat motor matic anda menjadi awet, tahan lama dan tentu akan nyaman jika dikendarai.

Android merupakan sistem operasi terbuka yang berbasis linux untuk telepon pintar dan komputer tablet. Android  menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan berbagai macam  aplikasi (Marko Gargenta, 2011). Perkembangan android di Indonesia mengalami peningkatan lima kali lipat dari pangsa pasar yang tadinya hanya 6 persen pada awal Januari 2011 melonjak menjadi 29 persen pada Oktober 2011.

Aplikasi panduan perawatan sepeda motor ini menjadi pertimbangan penulis untuk mengembangkan aplikasi dengan memanfaatkan sistem operasi android. Aplikasi ini akan membantu para penggendara sepeda motor yang  terlalu sibuk dengan kegiatan sehari-hari untuk mengetahui perawatan kendaraannya dengan baik dan benar. Menggunakan aplikasi ini pengguna tidak perlu membawa buku panduan perawatan sepeda motor, aplikasi ini akan membantu mengingatkan para pengguna untuk sekedar mengingatkan para pengguna kapan melakukan perawatan sepeda motornya.

Demikian artikel kali ini semoga ada manfaatnya. Untuk selanjutnya Anda bisa membaca artikel lain tentang Tune Up Sepeda Motor. Bagi Anda yang kepengin menggunakan jasa rental sepeda motor di daerah Solo, silakan untuk menghubungi nomor kami dengan cara SMS ke 0856-4644-4031.

Sumber: Andi Saputro (STMIK Amikom Yogyakarta)